Ads

Selamatkan Air, GN-KPA Tanam Pohon

NusantaraTerkini.Com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI bersama Balai Wilayah Sungai Sumatera VII serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi dan Kota Bengkulu, melaksanakan penanaman pohon yang dilaksanakan di Cagar Alam Dusun Besar Kota Bengkulu, Rabu (30/11). Penanaman pohon ini merupakan salah satu dari Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA) yang telah disepakati oleh 8 Kementerian sebagai upaya bersama mengembalikan keseimbangan siklus hidrologi pada daerah alisan sungai (DAS).

“Penanaman pohon ini sudah menjadi komitmen Pemerintah Pusat, seluruh Pemerintah Daerah juga Provinsi dan Kabupaten berkomitmen untuk Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA) dari GN-KPA itu salah satunya adalah menanam pohon, tahun ini kita hampir 300 Ribu pohon yang ditahun depan akan kita lanjutkan lagi,” ungkap Direktur Pembangunan Jalan Ditjen Bina Marga Kemterian PUPR Ir. Achmad Gani Ghazaly Akman, M.Eng.Sc.

Ia menambahkan bahwa penanaman pohon ini sendiri bukan semata hanya kegiatan seremonial namun juga merupakan kewajiban serta tanggung jawab untuk menjaga kelestarian Sungai, dimana diharapkan bahwa pohon yang telah ditanam dapat tumbuh subur dan dapat memberikan manfaat. “Jadi ini bukan hanya nanam, bukan besarnya jumlah kita menanam tetapi berapa besar jumlah yang tumbuh, jadi yang menjadi tujuan kita itu berapa yang tumbuh,” jelas Achmad Gani Ghazaly.

Pemerintah Provinsi Bengkulu sendiri melalui Asisten I Pemda Provinsi Bengkulu Iskandar ZO, SH, M.Si mendukung kegiatan penanaman pohon ini dan berharap kedepan gerakan seperti ini dapat mengikut sertakan semua lapisan masyarakat khususnya pelajar. “Kita dari pemerintah provinsi sangat mengapresiasi, sangat mendukung GN-KPA dan ini harus kita bumikan, kita perluas dengan melibatkan anak didik sekolah, jika kita melibatkan anak didik sekolah ada proses pembelajaran dan juga meningkatkan antusiame untuk menanam pohon,” jelas Iskandar ZO.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional III Padang Ir. Diagus Syaiful Anwar yang juga hadir dalam penanaman pohon ini mengungkapkan, penanganan jalan yang ada di Provinsi Bengkulu semuanya telah teralokasi, yakni program jangka pendek dan jangka menengah yang akan dilakukan pada tahun 2017.

“Kedepan kita harapkan kondisi jalan yang ada di Provinsi Bengkulu sepanjang 720 KM lebih itu dapat dengan kondisi matap sekitar 90 persen termasuk adanya tambahan jalan – jalan nasional baru ini di Curup, Tabamulan, Simpang Nangka dan sekitarnya. Saya optimis semua bisa dilakukan di tahun 2017 ini,” Diagus Syaiful Anwar yang juga membawahi Sumatera Barat dan Bengkulu ini. [Morecka MC]



14 Comments

  1. instacart promo october

    My partner and I absolutely love your blog and find the majority of your post’s to be just what I’m looking
    for. Do you offer guest writers to write content for you personally?
    I wouldn’t mind composing a post or elaborating on many of the subjects you write regarding here.
    Again, awesome web site!

POST YOUR COMMENTS

fifteen − three =

Address:1. Alamat Perusahaan : Jalan Mawar No 20 RT 001 RW 001 Kelurahan Nusa Indah Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu Telp (0736) 732 370 6) HP. 0822 7924 9494). 2. Alamat Redaksi : Jalan Mangga Raya No 20 Lingkar Timur, Dekat Lampu Merah Taman Remaja

Email:fun.politic@gmail.com