Ads

Walikota Raih Penghargaan Maestro Seni

NusantaraTerkini.Com – Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan kembali mengharumkan Kota Bengkulu, atas kegigihannya memimpin Kota Bengkulu bersama jajarannya dan dukungan masyarakat Kota Bengkulu. Jumat (23/09/2016) malam Walikota Helmi Hasan menerima Penghargaan Anugerah Kebudayaan dan Maestro Seni 2016 pada kategori Pemerintah Daerah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Nugroho Tri Putra_7514_1474692462

Penghargaan Anugerah Kebudayaan ini diserahkan langsung oleh Inspektur Jendral Kemendikbud Daryanto, AK, MIS, M.Comm, G. Dip.Com, QIA, CA kepada Walikota Helmi Hasan di Teater Besar Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kemendikbud Najmuddin Ramli dalam sambutannya mengatakan ada 54 pegiat yang menerima anugerah dari 9 kategori. “Untuk Pemerintah Daerah juri profesional untuk menilai secara khusus adalah Ryass Rasyid (Pakar Otonomi Daerah), Suroso (Pengamat Kebudayaan), dan Komaruddin Hidayat (Akademisi),” ujar Najmuddin Ramli.

Dikatakan Najmuddin Ramli, kerja keras,dedikasi, dan ketekunan masing-masing tokoh dalam bidang kebudayaan menjadi bagian indikator dalam anugerah kebudayaan ini.

Untuk kategori Pemerintah Daerah, yang menerima anugerah ini hanya Kota Bengkulu, Kabupaten Jember, dan Kabupaten Belu.

Anugerah yang diterima ini diberikan dari Kemendikbud atas komitmen tinggi Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan terhadap pelestarian kebudayaan, cagar budaya, peran masyarakat terhadap kebudayaan. Di antaranya melestarikan cagar budaya seperti Benteng Marlborough, festival tabot, pengasingan Bung Karno, pelestarian kawasan kampung cina, penyelenggaraan festival kain batik besurek, dan lain-lain.

Dari data yang berhasil dihimpun, kategori penghargaan Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni tahun 2016 ini terdiri dari 9 (sembilan) kategori, yaitu kategori pelestari, pencipta, pelopor dan pembaru, maestro seni dan tradisi, anak dan remaja, perorangan asing, pemerintah daerah, media, dan komunitas. Untuk kategori Pemerintah Daerah, Kemendikbud baru menyelenggarakannya sejak tahun 2015. [ADV]



POST YOUR COMMENTS

11 + nine =

Address:1. Alamat Perusahaan : Jalan Mawar No 20 RT 001 RW 001 Kelurahan Nusa Indah Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu Telp (0736) 732 370 6) HP. 0822 7924 9494). 2. Alamat Redaksi : Jalan Mangga Raya No 20 Lingkar Timur, Dekat Lampu Merah Taman Remaja

Email:fun.politic@gmail.com