Ads

UNIB Kukuhkan Dua Guru Besar

unib2NusantaraTerkini.Com, BENGKULU – Universitas Bengkulu (UNIB) kembali menambah perbendahraan Guru Besar, dimana pada Rabu 12/10, Universitas Bengkulu melakukan rapat terbuka senat dalam rangka pengukuhan dua Guru Besar, di Aula  Utama Gedung Rektorat UNIB.

Guru besar yang semuanya perempuan yaitu, Prof. Yosi Fenita dan Prof. Yudhy Harini Bertham, dan keduanya berasal dari Fakultas Pertanian.

Dengan bertambahnya dua orang Guru Besar tersebut,   Universitas Bengkulu tercatat telah memiliki 37 orang Guru Besar yang berasal dari berbagai disiplin keiilmuan.

Sebelum dilakukan prosesi pengukuhan, kedua  Guru Besar tersebut di daulat untuk melakukan orasi ilmiah. Orasi Ilmiah pertama di sampaikan oleh Prof. Yudhy Harini Bertham dengan judul “Pendayagunaan Pupuk Hayati Untuk Meningkatkan Produktivitas Kedelai Di Tanah Mineral Asam”.

Selanjutnya pada orasi ilmiah yang kedua di sampaikan oleh Prof. Yosi Fenita dengan judul “ Pemanfaatan Lumpur Sawit Fermentasi, Minyak Ikan Lemuru dan Herbal Untuk Peningkatan Performan Produksi Dan Kualitas Unggas”.

Usai melakukan Orasi Ilamiahnya, Kedua Guru besar Fakultas Pertanian tersebut di kukuhkan oleh Rektor UNIB  Dr.Ridwan Nurazi yang  di dampingi oleh Ketua Senat Prof. Alnopri dengan pemasangan atribut Guru Besar.

Dalam kata sambutannya, selain memberikan ucapan selamat kepada kedua Guru Besar tersebut, Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi  juga menyampaikan harapannya agar Guru Besar yang baru di kukuhkan dapat terus berkarya dan berguna bagi masyarakat,  sesuai  dengan ilmu yang di miliki.

“Harapan kami semoga Guru Besar yang baru ini dapat terus berkarya dan berguna bagi institusinya, dunia usaha maupun bagi pemerintah daerah,” ucap Ridwan.

“Mereka harus menunjukan kinerjanya  sebagai seorang Professor,” tambah pria yang juga menjabat Sekretaris Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Provinsi Bengkulu tersebut.

Menurut Ketua Senat Universitas Bengkulu Prof. Alnopri,  seorang Guru Besar  mempunyai  3 tugas khusus yaitu ; menyebarkan ilmu pengetahuan, melakukan penelitian dan membuat buku setiap 3 tahun sekali. Jika ke tiga komponen tersebut tidak dijalankan maka haknya yang didapatkan berupa tunjangan sebagai Guru Besar akan di hentikan setelah di lakukan evaluasi.

Turut hadir dalam pengukuhan ini, Wakil Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Rektor Unihaz,  dari IAIN Bengkulu, perwakilan dari Danlanal Bengkulu, Korem 041 Gamas, Polda  Bengkulu serta seluruh Guru Besar Fakultas Pertanian UNIB.

Wakil Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengungkapkan, dengan bertambahnya Guru besar UNIB tersebut yang memiliki dasar ilmu di bidang  pertanian dan perternakan itu, di harapkan dapat bermanfaat serta bisa menerapkan ilmunya di dunia usaha dan juga bagi pemerintah Provinsi Bengkulu dalam meningkatkan pembangunan di segala bidang.

 

“Dengan adanya Guru Besar ini, dapat menjadi perhatian khusus bagi Pemerintah Bengkulu untuk dapat bermitra dengan perguruan tinggi,  untuk tenaga ahli professional seperti ini dapat berkontibusi bagi pembangunan Provinsi Bengkulu.’’ kata Rohidin usai menghadiri pengukuhan Guru Besar UNIB tersebut. (rlsMC/Saipul)



3 Comments

  1. tinder dating site

    Way cool! Some very valid points! I appreciate you writing
    this article plus the rest of the site is also very good.

POST YOUR COMMENTS

3 × 1 =

Address:1. Alamat Perusahaan : Jalan Mawar No 20 RT 001 RW 001 Kelurahan Nusa Indah Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu Telp (0736) 732 370 6) HP. 0822 7924 9494). 2. Alamat Redaksi : Jalan Mangga Raya No 20 Lingkar Timur, Dekat Lampu Merah Taman Remaja

Email:fun.politic@gmail.com