Ads

Uji Kompetensi & Lelang Jabatan, Upaya RM Wujudkan Good Governance

NusantaraTerkini.Com, BENGKULU – Birokrasi yang tidak mampu berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan dan kemajuan Bengkulu, out !!

Uji kompetensi pejabat eselon II Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu, digelar 28-29 Juli 2016. Selain kompetensi dan potensi pejabat, gubernur menginginkan pejabat yang berintegritas. Hal itu ditegaskan Gubernur Ridwan Mukti, demi mewujudkan ‘good governance’ dengan birokrasi yang bersih dan profesional.

“Uji kompetensi dan seleksi lelang jabatan itu amanat Undang-undang. Kita ingin pejabat yang punya kompetensi dan tentunya yang berintegritas,” tegasnya gubernur yang akrab disapa RM itu, Kamis 28 Juli 2016.

Pemerintahan yang bersih dan profesional, papar gubernur, mempunyai tiga tujuan. Yakni pejabat yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, membawa kemajuan, dan mampu memberikan pelayanan yang berkualitas untuk masyarakat,

“Birokrasi yang tidak mampu berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan dan kemajuan Bengkulu, out !!” tegas gubernur.

Terkait asumsi yang menilai lelang jabatan serta uji kompetensi adalah upaya ‘menyingkirkan’ seseorang dari jabatannya, atau melapangkan ‘orang gubernur’ untuk menduduki posisi strategis, RM menegaskan hal itu asumsi negatif. Ia kembali menerangkan, uji kompetensi dan lelang jabatan merupakan amanat UU.

”Itu asumsi negatif, uji kompetensi kemudian lelang jabatan bukanlah hal baru. Semua daerah lakukan ini, metode dan tahapannya juga diatur. Masyarakat juga paham, bahwa hal ini jelas amanat undang-undang,” tuturnya dengan mengingatkan agar pemberitaan media juga memberikan pemahaman sebagai edukasi.

Sebagaimana diketahui, Pemprov Bengkulu sedang lakukan tahapan seleksi jabatan untuk posisi Sekda. Kemudian, bakal diikuti dengan lelang jabatan untuk eselon II. Dan saat ini juga tengah digelar uji kompetensi dengan menggandeng Quantum HRM (Human Resource Management) Internasional, sebuah lembaga yang pakar dalam bidang Organizational Change dan Human Resources Management sejak tahun 2003. Saat ini PT Quantum sudah banyak membantu berbagai kementerian, lembaga negara, pemerintah daerah, swasta dan masih banyak lainnya.

“Kita melakukan penilaian untuk kompetensi dan potensi, tahapannya dengan ujian tertulis, diskusi hingga wawancara. Hasilnya nanti sebagai rekomendasi, apakah berkompeten, atau tidak kompeten,” kata Dwi Sarwinda, asesor Quantum, saat uji kompetensi yang digelar di Aula Poltekes Provinsi. (NU001)



POST YOUR COMMENTS

sixteen + twenty =