Ads

Potensi Tambak Udang Bengkulu Harus Dimaksimalkan

NusantaraTerkini.Com – Siapa yang menyangkal jika Provinsi Bengkulu menyimpan kekayaan yang luar biasa. Sepanjang 525 kilometer kawasan pesisir yang terbentang dari ujung Kaur hingga Mukomuko punya potensi besar yang bisa dimaksimalkan untuk kesejahteraan rakyat.

Namun itu semua belum tergarap dengan baik. Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti mengakui hal itu dan mengungkapkan, sebenarnya kekayaan yang belum tergarap di daerah itu, memiliki potensi yang sangat besar, salah satunya yakni budidaya udang.

Bengkulu punya keterbatasan dalam mengelola daratan karena sebagian besar merupakan hutan lindung. Untuk itu potensi laut lah yang harus dimaksimalkan, laut itu dibawa ke daratan menjadi tambak udang. Sepanjang 525 kilometer laut Bengkulu terbentang, namun hanya sebagian kecil yang dimanfaatkan sebagai daerah tambak udang.

“Udang sangat berpotensi dan banyak permintaan dari negara lain, mengapa udang yang ada di Bengkulu tidak begitu laku, karena untuk ekspor membutuhkan komoditas dengan kuantitas yang besar, sementara di sini hanya sedikit hasil dari budidaya udang,” katanya seperti dilansir salah media online lokal Bengkulu.

Gubernur mengungkapkan, dari sisi kualitas Bengkulu tidak kalah dengan daerah-daerah lainnya. Jika dari Kaur sampai Mukomuko kegiatan tambak udang diberdayakan dengan baik, maka industri pengolahan udang segar siap ekspor akan tumbuh di Bengkulu.

“Udang Bengkulu tidak harus di kirim ke Lampung atau Jakarta untuk dibersihkan dan di ekspor ke negara lain seperti Jepang,” ungkap Gubernur. Sehingga menjadi peluang besar untuk meningkatkan pendapatan asli daerah.

Perlu diketahui, kegiatan budidaya tambak udang memang masih sangat minim di Provinsi Bengkulu. Hingga saat ini beberapa kabupaten sudah mulai memaksimalkan kegiatan budidaya udang, salah satunya di Kabupaten Bengkulu Tengah namun masih sedikit.

Geliat tambak udang justru mulai tampak di Kabupaten Kaur, bahkan satu perusahaan besar, PT Dua Putra Perkasa Pertama (DPP) sudah melakukannya dengan menerapkan tambak udang berbasis teknologi. Diterapkan secara modern dengan tata kelola perusahaan yang baik serta mematuhi regulasi dan ketentuan yang berlaku.

Kehadirannya di Kaur juga membawa dampak positif bagi masyarakat sekitar. Selain menjelma menjadi pioner kegiatan budidaya udang di Provinsi Bengkulu, khususnya Kabupaten Kaur. PT DPP juga mengoptimalkan tenaga lokal yang tentu saja berdampak pada perekonomian masyarakat Kaur.

Untuk itu, potensi besar yang dimiliki ini harus dikelola dengan baik dan maksimal. Baik itu dikembangkan oleh petambak lokal maupun investor yang ingin atau bahkan sudah berinvestasi di Bengkulu.

Peran pemerintah pun dinanti, mengundang investor dan mempertahankan investor yang sudah menanamkan modalnya. Tidak mempersulit izin, menyiapkan infrastruktur yang baik, seperti jalan dan listrik. Karena sekali lagi, ketika ini dikelola secara maksimal maka akan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat dan peningkatan pendapatan asli daerah serta menunjang geliat pembangunan di Bumi Rafflesia. [DS]



POST YOUR COMMENTS

3 × one =

Address:1. Alamat Perusahaan : Jalan Mawar No 20 RT 001 RW 001 Kelurahan Nusa Indah Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu Telp (0736) 732 370 6) HP. 0822 7924 9494). 2. Alamat Redaksi : Jalan Mangga Raya No 20 Lingkar Timur, Dekat Lampu Merah Taman Remaja

Email:fun.politic@gmail.com