Ads

Pengembangan Pulau Enggano Jadi Tujuan Wisata Nasional, Selangkah Lagi

Pulau Enggano

Pulau Enggano

NusantaraTerkini.Com – Keinginan Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti untuk menjadikan Pulau Enggano sebagai salah satu destinasi wisata terkenal di manca negara, tinggal selangkah lagi. Hal tersebut terungkap dari seminar yang bertajuk Arah Pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Pulau Enggano, yang dilaksanakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI, Jumat 28 Oktober 2016.

Menurut Asisten Deputi Sumber Daya Alam Dan Jasa Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI Okto Irianto, Enggano merupakan salah satu dari lima Pulau terluar yang menjadi Prioritas Program Nasional untuk di kembangkan menjadi tujuan Wisata Nasional.

Salah satu alasannya, Enggano merupakan pulau unggulan, yang memiliki berbagai potensi sumber daya alam yang tidak dimiliki oleh pulau Lainnya, serta menjadi tujuan fokus dari Bidang Kemaritiman untuk mengembangkan pulau terluar.

“Kita akan manjadikan Pulau Enggano ini tujuan wisata mancanegara, karena pulau Enggano banyak menyimpan kekayaan budaya dan habitat hewani dan nabati yang tidak dimiliki oleh pulau lainnya,” ungkap Okto.

Guna mempersiapkan Pulau Enggano menjadi salah satu kawasan pariwisata Nasional, tentu saja perlu didukung oleh instansi terkait, baik pemerintah pusat maupun daerah.

“Kita inginnya ada sesuatu yang bisa kita jual di Pulau Enggano, sehingga dapat menarik Wisata mancanegara,” tambahnya. Rencana inipun telah mendapat dukungan empat kementerian terkait, yakni Kementerian Pariwisata, Kementerian Perhubungan, Kementerian Ekonomi dan Sumber Daya Manusia dan Kementerian Lingkungan Hidup.

Adapun seminar ini sendiri dilaksanakan untuk menampung aspirasi dan masukan dari instansi terkait di pemerintahan daerah agar dapat bersinergi serta mengetahui potensi di Pulau Enggano maupun hambatan dan solusinya dalam mempersiapkan Pulau Enggano dalam program nasional tersebut.

Okto berharap, pemerintah daerah dapat menjalankan visi dan misi yang sudah ada dan tidak membuat suatu kebijakan yang dapat menghambat program nasional ini. Pemerintah daerah setempat tidak perlu banyak mengeluarkan dana, karena jika Pulau Enggano sudah di siapkan, maka secara otomatis kucuran dana dari pusat akan turun.

Sementara itu, Wakil Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengungkapkan, program Nasional yang akan mengembangkan Pulau Enggano sebagai kawasan wisata Nasional, menjadi salah satu harapan bagi Pemerintah Provinsi Bengkulu, agar program nasional tersebut dapat sejalan dengan program dari pemerintah daerah yang merencanakan kegiatan Sail Enggano pada Visit Bengkulu 2020 mendatang.

“Ini menjadi harapan kita, Sail Enggano dapat terlaksana pada Visit Bengkulu 2020 nanti,” tutur Rohidin. Hasil dari seminar ini nanti akan dibahas kembali pada tingkat kementerian, sehingga nantinya akan menghasilkan suatu kesimpulan yang dapat dijalankan untuk menjadikan Pulau Enggano sebagai kawasan wisata nasional. [NU/Saipul MC]



172 Comments

  1. Garry

    Great post! We are linking to this great content on our site.
    Keep up the good writing.

POST YOUR COMMENTS

eight − 2 =

Address:1. Alamat Perusahaan : Jalan Mawar No 20 RT 001 RW 001 Kelurahan Nusa Indah Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu Telp (0736) 732 370 6) HP. 0822 7924 9494). 2. Alamat Redaksi : Jalan Mangga Raya No 20 Lingkar Timur, Dekat Lampu Merah Taman Remaja

Email:fun.politic@gmail.com