Ads

Pemuda Masa Depan Seluma

Pujo Santoso

Pujo Santoso

NusantaraTerkini.Com – Peran pemuda pada setiap episode sejarah kehidupan suatu bangsa telah terbukti nyata. Sejarah telah mencatat dengan tinta emas peran pemuda dalam proses perubahan suatu bangsa. Bukan hanya sejarah bangsa modern namun bangsa-bangsa atau kaum terdahulu pun tak terlepas dari kontribusi pemuda. Hal ini juga yang menjadi dasar pijakan Tokoh Pemuda Seluma Pujo Santoso memaknai HUT RI ke-71 sebagai momentum kaum muda mengambil peranan dan ikut bertanggungjawab membangun Kabupaten Seluma.

“Pemuda memang identik dengan perubahan. Karakteristik pemuda digambarkan dalam Al Qur’an sebagai seseorang yang berani, pantang mundur dan memiliki standar moral yang tinggi. Selain itu, pemuda memiliki semangat tinggi, berpikir kritis dan terbebas dari beban sejarah pada masanya. Oleh karena itu, pemuda adalah pelopor perubahan dimanapun berada. Peran pemuda adalah penentu sejarah perjalanan suatu bangsa,” kata Pujo.

Dia menambahkan, Saat ini sebagian pemuda Indonesia, khususnya di Seluma terjebak dalam romantisme historis kegemilangan peran pemuda dalam sejarah bangsa. Peristiwa atau momen bersejarah yang melibatkan pemuda di dalamnya diperingati dan dijadikan bahan pembicaraan tanpa tahu harus melakukan apa. Sementara itu, sebagian pemuda lainnya terjebak dalam kenikmatan surga dunia. Kemewahan, kesenangan, pesta dan hura-hura menjadi keseharian mereka. “Tanpa pernah peduli dengan kondisi bangsa,” ketus Pujo.

Pada saat ini, lanjutnya, ketika alam demokrasi dan ruang kebebasan telah terbuka maka peran pemuda akan berbeda dari sebelumnya. Peran untuk mengkritisi penguasa dan memperhatikan rakyat jelata tetap harus dijalankan. Di sisi lain, peran untuk masuk dalam kekuasaan dan menjadi penentu kebijakan jangan ditinggalkan. Sudah saatnya pemuda berperan dalam proses pengambilan kebijakan yang akan menentukan hitam putihnya sejarah bangsa ini.

“Pemuda kapanpun dan dimanapun ia berada adalah harapan bagi bangsanya. Harapan untuk perbaikan dan kemajuan ada di tangan mereka. Oleh karena itu, pemuda harus memiliki idealisme yang tinggi untuk bisa menanggung beban yang diberikan di pundaknya. Saat ini pemuda bisa menjadi bagian dari official actors dalam proses pengambilan kebijakan dengan cara masuk dalam lingkaran kekuasaan melalui lembaga legislatif, eksekutif dan yudikatif,” tukas Pujo.

Tidak hanya itu, menurut pria supel kelahiran 3 November 1989 silam yang pernah yang aktif di KNPI, bahkan pernah menjabat Sekretaris KNPI Benteng ini, kontribusi pemuda juga bisa melalui unofficial actors dengan mempengaruhi kebijakan pemerintah dari luar. Caranya dengan masuk dan berperan dalam partai politik, media massa, kelompok kepentingan atau interest group, organisasi riset ataupun lembaga penelitian.

“Apapun dan bagaimanapun kontribusi pemuda sangat dibutuhkan. Kita tidak bisa menilai bahwa yang duduk dalam kekuasaan memiliki kontribusi yang lebih besar daripada mereka yang aktif untuk memberdayakan masyarakat. Jabatan atau kedudukan bukanlah tujuan. Ia hanyalah sarana untuk mencapai tujuan. Orang baik adalah orang yang paling banyak memberikan manfaat kepada orang lain. Semoga kita menjadi salah satunya. Dirgahayu Indonesia, Jayalah Bumiku, Bumi Serasan Seijoan,” demikian Pujo.

Pujo Santoso adalah Tokoh Pemuda yang aktif dalam berbagai kegiatan kepemudaan dan pendampingan masyarakat di Kabupaten Seluma. Saat ini, dia aktif di kepengurusan DPD Partai Nasdem Seluma sebagai Bendahara Umum. Jabatan yang sama juga diembannya di kepengurusan KAHMI Seluma. Semasa kuliah Pujo aktif di berbagai organisasi, baik internal maupun eksternal, seperti HMI, AMPD, KNPI, Ketua BEM FISIPOL UMB dan Ketua Ikatan Pemuda Jawa Provinsi Bengkulu. [DS]



1 Comment

  1. Shayla

    I don’t know if it’s just me or if perhaps everyone else encountering issues with your website.
    It appears like some of the written text within your posts are running off
    the screen. Can somebody else please comment and let me know if this is happening to them
    as well? This could be a problem with my browser because I’ve had this happen before.
    Cheers

POST YOUR COMMENTS

nineteen − seventeen =

Address:1. Alamat Perusahaan : Jalan Mawar No 20 RT 001 RW 001 Kelurahan Nusa Indah Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu Telp (0736) 732 370 6) HP. 0822 7924 9494). 2. Alamat Redaksi : Jalan Mangga Raya No 20 Lingkar Timur, Dekat Lampu Merah Taman Remaja

Email:fun.politic@gmail.com