Ads

Pemuda ini Terus Lestarikan Kesenian Rejang Melalui Alunan Serunai


NusantaraTerkini.Com, Bengkulu Utara
 – Seiring berkembangnya zaman, dibandingkan mempelajari kesenian tradisional, sebagian anak muda terkadang cenderung menyukai alat musik yang lebih moderen semisal drum, gitar, piano dan lain- lain.

Terbukti, tak banyak pemuda yang mampu memainkan Serunai, alat musik suku rejang di Kabupaten Bengkulu Utara, yang merupakan ciri khas dari kebudayaan rumpun melayu. Sekilas, alat musik tiup yang memiliki panjang sekitar tiga jengkal orang dewasa ini menyerupai seruling dengan ujung berbentuk terompet.

“Cuma ada dua, saya sendiri di Kota Argamakmur, dan satu lagi di Kecamatan Hulu Palik. Sejak kelas enam SD saya sudah belajar dari almarhum kakek. Karena rata-rata semua keluarga mainkan alat musik tradisional suku rejang,” jelas Salirodi usai memainkan alat musik Serunai dikediamannya, Selasa 21 Februari 2017.

Dimainkan saat datangnya pengantin laki-laki, alunan Serunai sering digunakan saat menyambut tamu pejabat dan acara-acara khusus lainnya. Pria kelahiran Kota Lekat Kecamatan Kerkap pada 25 Juli 1986 ini menuturkan, alat musik ini merupakan satu dari beberapa alat musik khas Rejang selain Kulintang, Gong dan Rebap . Meski terdapat kesamaan diberbagai daerah, Serunai khas Rejang memiliki ciri khas pembeda.

“Tingkat kesulitan saat memainkannya terletak pada pengaturan pernafasan. Yang membedakan dengan serunai diwilayah lain adalah suara dan irama musiknya. Serunai gandai dari Kabupaten Muko-Muko terbuat dari bambu, sedangkan Serunai rejang ini terbuat dari kayu, bahkan ada yang terbuat dari batang pohon cabe,” tutur suami dari Fitri (26).

Bukan hal mudah untuk menjadi salah satu pemain Serunai, Sali mengungkapkan, kepiawaian dalam melestarikan budaya lokal, mampu membawanya hingga ke wilayah Papua pada pertukaran pelajar Tahun 2008 silam. Sempat unjuk gigi di Taman Mini Indonesia Indah Tahun 2005, Sali bahkan diberikan kesempatan memainkan Serunai hingga ke Negeri Jiran Malaysia pada Tahun 2006.

“Saat ini sering disewa, saya tak mematok harga, karena kakek saya tidak memperbolehkan untuk memasang tarif,” urainya.

Saat ini, dirinya mengaku memiliki 9 Serunai peninggalan beberapa pemain yang telah meninggal dunia.”Gak berani saya mengeluarkan, karena alat musiknya dalam kotak tersusun rapi. Itu titipan para pemain serunai, rata-rata beberapa hari sebelum meninggal mereka menitipkan alat musik tersebut kepada saya,” sebutnya.

Disisi lain, pria yang sepat bergabung dalam sanggar Ratu Samban ini berharap perhatian pemerintah pada pelestarian seni khas Rejang. Jika tidak, suara Serunai tak dapat dinikmati lagi pada generasi-generasi berikutnya.

“Pada zaman Bupati pak Muslihan tahun 2004 masih ada perhatian. Saat ini masih kurang, buktinya pada beberapa acara suara Serunai bukan dari pemain melainkan dari suara hasil rekaman yang diputar,” keluhnya.

Sali berjanji, dirinya akan terus berupaya konsisten melestarikan dengan terus memberikan kesempatan bagi para pemuda untuk belajar memainkan Serunai.”Ada beberapa pelajar yang minta diajari memainkan Serunai. Kalo bukan kita siapa lagi, jangan sampai kita kehilangan jati diri dan ciri khas dibalik beragamnya suku dan budaya yang ada,” tutupnya. (ism006)



74 Comments

  1. onesie pajamas for men

    hey there and thank you for your information – I have
    definitely picked up anything new from right here.
    I did however expertise several technical points using this web site, as I experienced to reload the web site
    lots of times previous to I could get it to load properly.
    I had been wondering if your hosting is OK? Not that I
    am complaining, but slow loading instances times will
    often affect your placement in google and could damage your high-quality score if advertising
    and marketing with Adwords. Well I’m adding this RSS to
    my e-mail and could look out for a lot more of your respective intriguing content.
    Make sure you update this again very soon.

POST YOUR COMMENTS

seventeen − twelve =

Address:1. Alamat Perusahaan : Jalan Mawar No 20 RT 001 RW 001 Kelurahan Nusa Indah Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu Telp (0736) 732 370 6) HP. 0822 7924 9494). 2. Alamat Redaksi : Jalan Mangga Raya No 20 Lingkar Timur, Dekat Lampu Merah Taman Remaja

Email:fun.politic@gmail.com