Ads

Pemotongan Sapi Betina Produktif Akan Diperketat

NusantaraTerkini.Com, Jakarta – Kementerian Pertanian siap memperketat pemotongan sapi betina produktif guna meningkatkan populasi ternak sapi dalam negeri.f928b6cf1152ec9e5d5d4e0eba123385_630x420_thumb

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan, Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementan Fini Murfiani di Jakarta, Jumat mengatakan pemerintah terus melakukan langkah cepat untuk meningkatkan produksi sapi lokal Tanah Air.

“Salah satu langkah yang kami ambil adalah memperketat pengawasan di setiap rumah potong hewan untuk mencegah pemotongan sapi betina induk,” ujarnya.

Menurut dia, hingga saat ini permasalahan pemotongan sapi betina masih sering terjadi di beberapa rumah potong hewan (RPH) di Tanah Air.

“Kami akan mengurangi hal ini dengan pengawasan yang ketat,” katanya dalam diskusi FORKEM bertema “Siapa Bertanggung Jawab Atasi Melambungnya Harga Daging?”.

Selain pengawasan di RPH, Kementan juga akan melakukan impor sapi indukan untuk membantu produktivitas peternakan di Tanah Air. Impor indukan ini dilakukan pemerintah, katanya, karena jumlah sapi induk lokal terus berkurang.

Fini berharap dengan adanya peningkatan sapi induk ini, produktivitas sapi lokal di Indonesia menjadi semakin meningkat dan kebutuhan akan daging dapat terpenuhi.

Sementara itu Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Importir Daging Indonesia (Aspidi) Thomas Sembiring menyatakan pemotongan sapi betina produktif di dalam negeri masih sangat tinggi.

“Setiap menjelang puasa maupun Lebaran lebih banyak pemotongan sapi betina produktif untuk memenuhi permintaan daging yang meningkat di masyarakat,” katanya.

Sedangkan sapi jantan, ujarnya, ditahan penjualannya menunggu saat Lebaran haji atau Idul Adha karena harga ternak cenderung meningkat.

Sumber : Okezone.com



POST YOUR COMMENTS

13 − 9 =

Address:1. Alamat Perusahaan : Jalan Mawar No 20 RT 001 RW 001 Kelurahan Nusa Indah Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu Telp (0736) 732 370 6) HP. 0822 7924 9494). 2. Alamat Redaksi : Jalan Mangga Raya No 20 Lingkar Timur, Dekat Lampu Merah Taman Remaja

Email:fun.politic@gmail.com