Ads

Nelayan Tersenyumlah

Foto Ilustrasi

Foto Ilustrasi

NusantaraTerkini.ComPemgentasan kemiskinan yang mendera masyarakat pesisir menjadi fokus utama Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti.

Berbagai langkah konkrit telah direncanakan Gubernur sebagai solusinya. Seperti pencanangan pengembangan kawasan kampung nelayan pesisir berbasis agro maritim.

“Saya ingin nelayan tersenyum, kenapa bisa tersenyum kerena ekonominya tercukupi, anaknya bisa sekolah juga kesehatannya terjaga,” tutur Gubernur.

Menurutnya, maritim saja tidaklah cukup untuk mengentaskan kemiskinan yang ada di masyarakat pesisir. Sektor nelayan harus dipadukan juga dengan sektor pertanian dan peternakan.

Melalui pemberdayaan berbasis agro maritim, nelayan tidak hanya menggantungkan hidupnya dengan melaut. Tapi juga dapat melakukan hal-hal lain, seperti berkebun dan beternak, terutama pada saat cuaca tengah tidak bersahabat dengan nelayan.

“Masyarakat nelayan bergantung pada melaut namun waktu melaut terbatas, pendekatan ini adalah ketika nelayan tidak melaut, nelayan memiliki aktifitas lain bisa tambak, bisa berkebun atau beternak,” ungkap Gubernur.

Lebih lanjut, pengembangan kawasan kampung nelayan pesisir berbasis agro maritim ini nanti akan melibatkan 18 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Bengkulu. Diantaranya, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Dinas Pekerjaan Umum.

Sebanyak 7 kawasan nelayan diproyeksikan untuk pengimplementasian program berbasis agro maritim tersebut. Yakni Kampung Nelayan Malabero Kota Bengkulu, Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah, Serangai Kabupaten Bengkulu Utara, Pulau Bantal Kabupaten Mukomuko, Alas Maras Kabupaten Seluma, Pasar Bawah Kabupaten Bengkulu Selatan dan Linau Kabupaten Kaur.

“Melalui 7 daerah tersebut akan dilakukan replikasi pada daerah-daerah lain hingga tercapainya pengentasan kemiskinan,” tandas Gubernur optimis. [DS]



8 Comments

  1. tinyurl.com

    Hi it’s me, I am also visiting this website regularly, this website is actually nice and the users are actually
    sharing nice thoughts.

POST YOUR COMMENTS

twelve − three =