Ads

Mesranya Media pada Pemimpin Baru

Nusantara Terkini

oleh Firmansyah

Pemimpin baru, gubernur dan bupati-bupatinya sudah dilantik, siap kerja. Asyik semua serba baru. Harapan tentu berhamburan mengharu biru.

Detik pelantikan oleh presiden diamati oleh jutaan mata, kembali ke daerah, masing-masing para gubernur dan wakil yang baru begitu cantiknya menjadi bahan pemberitaan media. Rakyat, media, harap-harap cemas. Akankah angin perubahan seperti janji surga itu menjadi nyata.

Kemesraan media massa terasa dari hasil karya jurnalistik yang membesut tulisan-tulisan penuh harapan, mungkin ini yang dinamakan jurnalisme optimistis. Jika mengingat cerita saat Orde Lama tumbang, lahirlah orde baru.

Saat itu ABRI, mahasiswa, dan juga penguasa Orba tentu saja mesra juga sangat romantis malahan. Namun kemesraan itu tidak berlangsung lama. Rezim segera memberlakukan Normalisasi Kegiatan Kampus (NKK).

Organisasi kampus mulai dipotong kreatifitasnya, unjuk rasa mulai dibatasi, juga waktu tamat kuliah mulai dipersingkat. Negara saat itu mengarahkan terlahirnya teknokrat dan mengekang semangat ideologi.

Aktifitas semakin meruncing saat ABRI atas perintah presiden mulai memantau aktifitas kampus. Begitu juga media mengalami pembredelan dan pembatasan ruang gerak. Roda sejarah terus bergerak pada meletusnya gerakan reformasi.

Terlepas gagal atau berhasilnya ruh reformasi, namun itulah sejarah. Ia selalu mengulang pada jalur yang nyaris sama. Ia akan melahirkan tirani, penguasa, dan penindas baru. Selanjutnya, akan lahir juga para pahlawan baru, ada yang bertingkah seperti koboi, ada juga yang bertingkah seperti badut dan bunglon.

Jika ditarik sudut kecil pada Bengkulu, lintasan sejarah seperti itu juga akan terjadi. Kita lihat saja, kapan kemesraan media dan pemimpin baru terus terjalin. Berada pada zona nyaman, atau melanjutkan tugas sebagai kontrol sosial dan kontrol kekuasaan. [Sudutruang.com]



POST YOUR COMMENTS

13 + six =

Address:1. Alamat Perusahaan : Jalan Mawar No 20 RT 001 RW 001 Kelurahan Nusa Indah Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu Telp (0736) 732 370 6) HP. 0822 7924 9494). 2. Alamat Redaksi : Jalan Mangga Raya No 20 Lingkar Timur, Dekat Lampu Merah Taman Remaja

Email:fun.politic@gmail.com