Ads

Menteri Eko Apresiasi Kegigihan Pemprov Bengkulu

Bersama bupati-walikota Gubernur Ridwan Mukti datangi Menteri Desa PDTT

Bersama bupati-walikota Gubernur Ridwan Mukti datangi Menteri Desa PDTT

Mendes Eko sangat antusias mendengarkan curhatan Gubernur Benggkulu dan jajarannya.  Dia mengakui, memang di Bengkulu masih banyak desa yang tertinggal. Eko menilai, lantaran memang belum fokus skala prioritas pembangunannya.

“Nah sekarang dengan kepemimpinan Pak Ridwan ini, Bengkulu siapkan dulu mau fokusnya ke mana. Kementerian Pertanian siap bibit dan traktor. Kementerian Desa akan kasih kredit usaha rakyat. Seluruh kementerian membantu,” sebutnya.

Pemerintah Jokowi lewat kementerian-kementeriannya, memang akan mengubah desa tertinggal menjadi berkembang bahkan mandiri. Bahkan bisa dengan tanpa APBN lewat kerjasama dengan swasta.

“Dengan perusahaan bibit, dengan peternak sapi. Semuanya dapat memajukan masyarakat desa,” sebutnya.

Apalagi kini ada dana desa yang diberikan ke desa yang mencapai  Rp 46 trilliun pertahun, dan naik setiap tahunnya.

Bukan hanya aspek ekonominya saja, tetapi kesehatan dan pendidikan juga sangat diperhatikan pemerintahan Jokowi. “Kemenkes nanti untuk Puskesmas. Kementerian Pendidikan membangun sekolah-sekolah.‎ Butuh irigasi ke Kemenpu Pera. Kita yang akan mengkoordinasikannya. Kita minta saja apa saja kebutuhannya. Apa yang diperlukan. Intinya kita sesuaikan dengan kebutuhan” tegas Menteri Eko.

Eko kembali menekankan, Pemprov Bengkulu segera menginventarisir skala prioritas setiap daerah.‎ Dalam waktu dekat, harus ada satu desa di setiap kabupaten yang menjadi model.

“Beri saya waktu, ini tak semudah membalikkan telapak tangan. Per-Kabupaten modeling satu desa. Untuk pariwisata atau pertanian. Nanti kita duduk bareng. Saya gak bisa janji muluk-muluk. Langsung yang kongkrit saja. Setelah berhasil, ini akan jadi model,” tambahnya.

Dia berjanji akan mengkoordinasikan kepada Kementerian laiinya. Bahkan dalam rapat kabinet dan rakor dengan Menko PMK, dia akan menyempatkan menyampaikan keluhan Provinsi Bengkulu.

“Saya yang akan mengawalnya.‎ Belum ada loh, Gubernur sampai bupati-bupatinya datang diboyong begini. Gubernur dan para bupatinya hadir, berarti serius dan ada komitmen yang luar biasa. Makanya kami akan serius juga,” janji Eko.



POST YOUR COMMENTS

two + 5 =

Address:1. Alamat Perusahaan : Jalan Mawar No 20 RT 001 RW 001 Kelurahan Nusa Indah Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu Telp (0736) 732 370 6) HP. 0822 7924 9494). 2. Alamat Redaksi : Jalan Mangga Raya No 20 Lingkar Timur, Dekat Lampu Merah Taman Remaja

Email:fun.politic@gmail.com