Ads

Mentan : Banyaknya teknologi, generasi Muda Akan Bertani

NusantaraTerkini.Com, Jakarta – Menteri Andi Amran Sulaiman meyakini banyak teknologi pertanian yang membuat era pertanian menjadi modern akan memperbanyak generasi muda terjun menjadi petani.1416455292

Amran pun mencontohkan hasil pengembangan alat mesin pertanian yang baru saja dimunculkan Balai Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pertanian (Kemendan) dengan tiga mesinnya yaitu, mesin panen multi komoditas jagung dan padi, mesin olah tanam amphibi dan mesin penanaman jagung.

“Salah satunya akan mendorong generasi muda turun bertani, karena adanya teknologi,” ujar Amran di Balai Besar Mekanisasi Pertanian, Litbang Serpong, Tangerang, Kamis (23/6/2016).

Menurutnya, kemudahan bertani dengan banyaknya teknologi membuat waktu akan lebih efektif, tenaga yang dikeluarkan lebih efisien dan yang pasti menguntungkan. Itulah yang akan menjadi daya tariknya.

“Ini kan dia bisa sambil menelepon pacarnya sambil panen. Jadi dengan teknologi Insya Allah bisa menurunkan biaya Rp2 juta dikali 5 hektar lahan bisa mencapai Rp10 triliun dan itu dinikamati petani dengan teknologi,” tuturnya.

Selain itu, yang mesti dihargai dari temuan Balitbang Kementan adalah ketiga alat pertanian ini merupakan buatan sendiri. Bila bukan kita yang menggunakan dan memanfaatkan siapa lagi.

“Jadi kita hargai. Bahkan awalnya kami bilang dalam penelitian, sampai hasi mesinnya harus lari mundur aja, Aku terima. Nah inikan terus menerus kita melakukan perbaikan. Alhamdullilah sudah bisa beroperasi dalam satu tahun penelitian,” ujarnya.



POST YOUR COMMENTS

five + 1 =

Address:1. Alamat Perusahaan : Jalan Mawar No 20 RT 001 RW 001 Kelurahan Nusa Indah Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu Telp (0736) 732 370 6) HP. 0822 7924 9494). 2. Alamat Redaksi : Jalan Mangga Raya No 20 Lingkar Timur, Dekat Lampu Merah Taman Remaja

Email:fun.politic@gmail.com