Ads

Luruskan Fungsi Notaris, Tetapkan Sebuah Legalitas

NusantaraTerkini.Com – Menempat wewenang dan fungsi seorang notaris pada kedudukan yang sebenarnya dalam masyarakat, dewasa ini kurang mendapatkan perhatian serius dari pihak terkait. Baik dari pihak pemerintah maupun dari organisasi teknis yang menjadi wadah bagi para notaris yakni Ikatan Notaris Indonesia (I.N.I).

Kondisi ini diketahui juga menimbulkan persepsi masyarakat terkait kedudukan notaris yang agak disalah-mengertikan, bukan sebagai suatu fungsionaris dalam masyarakat yang disegani selaku pembuat dokumen yang kuat dalam suatu proses hukum. Bahkan hal tersebut diduga disebabkan oleh tindakan dan perilaku para notaris itu sendiri.

Ketua umum I.N.I Pusat Yualita Widyadhari, mengakui bahwa tidak sedikit notaris di Indonesia yang tersandung kasus hukum, akibat dari ketidaktahuan, kealfaan dan mungkin kesengajaan dari seorang notaris itu sendiri. Untuk itulah tugas dari I.N.I pusat dan wilayah menjadi sangat penting dalam melakukan pembinaan secara terus – menerus.

“Tugas dari pengurus pusat dan wilayah untuk melakukan pembinaan yang bukan hanya sekali tapi secara continue, supaya teman – teman itu tahu bagaimana membuat akta yang baik dan tidak melanggar aturan. Dengan demikian Insya Allah akan berkurang permasalahan hukum yang dihadapi notaris,” ungkap Yualita Widyadhari usai menghadiri Konferensi Wilayah (Konferwil) I.N.I Bengkulu pada Kamis siang (27/10).

Ditambahkan Yualita, terkait dengan kondisi tersebut pihaknya akan memperbaharui MoU yang pernah mereka buat bersama pihak Polri pada 2006 lalu. Selain itu, kesepakatan ini diharapkan juga dilakukan hingga ke tingkat wilayah atau daerah, sehingga permasalahan tidak kembali muncul dikemudian hari.

Konferwil ini sendiri dibuka secara resmi oleh Plt. Sekda Provinsi Bengkulu Sudoto. Dalam kesempatan tersebut, tampak hadir juga beberapa pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Bengkulu seperti dari Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu, Polda Bengkulu, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bengkulu.

Sementara itu, Plt. Sekda Provinsi Bengkulu Sudoto mengatakan, pihak pemprov mengapresiasi pelaksanaan Konferwil tersebut dalam meningkatkan peran notaris secara baik di bagi masyarakat Bengkulu.

“Kegiatan notaris ini berkaitan dengan kepercayaan hukum, karena hal ini juga berdampak pada kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan ekonomi. Kita selalu melakukan pembinaan kapasitas kepada mereka agar bisa menjalankan tugas sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ungkap Plt. Sekda Provinsi Bengkulu Sudoto.

Untuk diketahui, tugas dan wewenang notaris ditegaskan dalam Undang – undang Nomor 30 Pasal 15 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan. Tugas dan wewenang pokoknya meliputi: membuat akta otentik mengenai semua perbuatan, perjanjian, dan ketetapan yang diharuskan oleh peraturan Perundang-undangan dan/ atau yang dikehendaki oleh yang berkepentingan untuk dinyatakan dalam akta otentik, menjamin kepastian tanggal pembuatan akta, menyimpan akta, memberikan grosse, salinan dan kutipan akta. Semuanya itu sepanjang pembuatan akta – akta tidak ditugaskan/ dikecualikan kepada pejabat lain yang ditetapkan oleh Undang – undang. (MC/Rian)



POST YOUR COMMENTS

eight − 1 =

Address:1. Alamat Perusahaan : Jalan Mawar No 20 RT 001 RW 001 Kelurahan Nusa Indah Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu Telp (0736) 732 370 6) HP. 0822 7924 9494). 2. Alamat Redaksi : Jalan Mangga Raya No 20 Lingkar Timur, Dekat Lampu Merah Taman Remaja

Email:fun.politic@gmail.com