Ads

KPK Yakin, Bengkulu Mampu Tekan Korupsi

NusantaraTerkini.com, Bengkulu – Terselenggaranya Koordinasi dan Supervisi (Koorsup) Pencegahan Korupsi oleh KPK, mengawali upaya untuk menekan terjadinya korupsi dan penghematan penggunaan anggaran di Provinsi Bengkulu melalui sistem elektronik.

“Penerapan sistem berbasis elektronik diyakini akan menekan dilakukannya korupsi dan penghematan terhadap penggunaan anggaran,” kata Adlinsyah M. Nasution, KPK RI via WA, Senin 8 Agustus 2016.

Selain itu, sistem berbasis elektronik, diharapkan dapat mengurangi intervensi dalam perencanaan dan penganggaran APBD di Provinsi Bengkulu.

“Intervensi dapat dilakukan eksekutif dan legislatif. Ini yang harus dikurangi atau dihindari dengan penggunaan aplikasi elektronik,” terangnya.

KPK menegaskan, dilakukannya Koorsup Pencegahan Korupsi tidak diindikasikan dengan terjadinya korupsi di Provinsi Bengkulu. Melainkan, sebuah upaya Gubernur Bengkulu, Ridwan Mukti, untuk menjadikan pemerintahan yang bebas dari korupsi.

Penggunaan aplikasi elektronik ini akan dikhususkan dalam perencanaan dan penganggaran APBD. Perbaikan pelayanan publik, khususnya dalam perizinan yang akan dibuat satu pintu. Serta membangun Unit Layanan Pengadaan Mandiri.

Diketahui, Koorsup Pencegahan Korupsi oleh KPK terselengara sejak tanggal 3-5 Agustus di Balai Serba Guna Provinsi Bengkulu. Dengan melibatkan Bupati/Walikota se-Provinsi sesuai instruksi Gubernur.

Koorsup ini merupakan tindak lanjut komitmen Gubernur Bengkulu untuk meminimalisir terjadinya korupsi. Setelah penandatanganan pakta integritas di awal pemerintahan, yang poinnya ‘tidak melakukan korupsi, tidak narkoba, dan tidak berbisnis ke dalam’.

Kegiatan Koorsup ini akan ditindak lanjuti dengan penandatanganan MoU Pemprov, Penda, DPRD, dan KPK pada tanggal 21 Agustus 2016. Akan terut dihadirkan di acara tersebut, Walikota Surabaya, Ibu Risma, dan Gubernur Jawa Barat, Bapak Aher. (MS-IB)



POST YOUR COMMENTS

17 − fifteen =

Address:1. Alamat Perusahaan : Jalan Mawar No 20 RT 001 RW 001 Kelurahan Nusa Indah Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu Telp (0736) 732 370 6) HP. 0822 7924 9494). 2. Alamat Redaksi : Jalan Mangga Raya No 20 Lingkar Timur, Dekat Lampu Merah Taman Remaja

Email:fun.politic@gmail.com