Ads

Keberhasilan Risma Menerapkan e-goverment, Menginspirasi RM

NusantaraTerkini.Com – Walikota Surabaya Tri Rismaharini telah berhasil menerapkan aplikasi tata kelola pemerintahan berbasis elektronik yang mencegah terjadinya praktik korupsi. Hal ini menginspirasi Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti untuk menerapkan keberhasilan tersebut di Provinsi Bengkulu.

Dengan menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Bersama KPK, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu menggelar Koordinasi dan Supervisi (Korsup) sebagai upaya pencegahan korupsi, menuju tata kelola pemerintahan berbasis elektronik.

Kegiatan yang digelar 19-21 September 2016 itu melibatkan semua stakeholder guna merancang rencana aksi dan menentukan target capaian. Pada puncaknya, bakal hadir Walikota Surabaya Tri Rismaharini. “Risma sebagai motivator mewujudkan e-goverment,” kata RM.

Sedangkan Korsup bersama KPK dan BPPT merupakan konsekuensi lanjut dari Pakta Integritas; untuk tidak korupsi, tidak narkoba dan tidak berbisnis dalam birokrasi. “Tentunya selain regulasi yang harus dipatuhi, kita juga harus menciptakan sistemnya. Ini untuk birokrasi yang bersih dan profesional,” jelas RM.

Diakuinya, belum ada software aplikasi standar yang diciptakan negara untuk diterapkan dalam tata kelola pemerintahan. Sedangkan untuk Asia Tenggara, Singapura telah memiliki. Kendati demikian, “Kalo kita memiliki motivator yang ada di Indonesia, kenapa kita mengundang motivator asing?,” imbuh RM.

Tri Rismaharini

Tri Rismaharini

Seperti diketahui, Risma dinilai berhasil membangun sistem e-goverment di Surabaya yang menyebabkan kontrol pengeluaran dinas-dinas menjadi lebih mudah, mencegah praktik korupsi dan menghemat anggaran Rp 600-800 miliar setiap tahunnya.

Pada Oktober 2013, Kota Surabaya di bawah kepemimpinan Risma berhasil peroleh penghargaan Future Government tingkat Asia-Pasifik di dua bidang sekaligus, yakni data center dan inklusi digital, menyisihkan 800 kota di seluruh Asia-Pasifik. [NU/MC/NB]



POST YOUR COMMENTS

6 + 3 =

Address:1. Alamat Perusahaan : Jalan Mawar No 20 RT 001 RW 001 Kelurahan Nusa Indah Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu Telp (0736) 732 370 6) HP. 0822 7924 9494). 2. Alamat Redaksi : Jalan Mangga Raya No 20 Lingkar Timur, Dekat Lampu Merah Taman Remaja

Email:fun.politic@gmail.com