Ads

Kapolsek Banjarmasin Timur membuat inovasi, Angkringan Pos Siskamling

NusantaraTerkini.com, Banjarmasin – Guna mencegah gangguan kamtibmas di wilayahnya, Kapolsek Banjarmasin Timur membuat inovasi. Melalui Bhabinkamtibmas Kel.Banua Anyar Kec.Banjarmasin Timur Kota Banjarmasin Brigadir Faical marcin mengajak peran masyarakat untuk menjaga lingkunganya agar tidak terjadi gangguan kamtibamas di wilayah tempat tinggal mereka.

Dengan cara menghidupkan lagi program keamanan lingkungan yang dilakukan oleh masyarakat lingkungan tersebut. Sebuah pos kamling unik, berdiri kokoh di Jalan 9 November RT 14 RW 01 KelurahanBanua Anyar Kecamatan Banjarmasin Timur. Pos kamling tersebut diberi nama “Angkringan Pos Kamling”.

Pos kamling ini ditata sedemikian hingga dan memiliki fungsi yang betul-betul bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar. Saat kegiatan Kapolsekta Banjarmasin Timur AKP Joseph Edward Purba dan Camat Banjarmasin Timur Ina Yulianti juga hadir di acara ini.a11c6ab423ff3d48f6c35e6b28d0638cdf21f6ff

“Luar biasa sambutan masyarakat di sini. Saya berharap kita terus bisa saling komunikasi demi terciptanya kondisi lingkungan yang terus kondusif,” kata AKP Joseph Edward Purba.SH,Sik kepada masyarakat setempat.

Sementara sebelumnya, Kapolsekta Banjarmasin Timur juga mengungkapkan, bahwa kehadiran Angkringan Pos Kamling tersebut diharapkan bisa menampung keluhan masyarakat. Pun agar masyarakat bisa saling koordinasi dalam menjaga keamanan di lingkungan tempat tinggal.

“Ini sebagai perpanjangan tangan polisi, meningkatkan peraN masyarakat dalam membantu siskamtibmas, membantu tugas-tugas kepolisian dalam bersama-sama wujudkan situasi yang aman dan kondusif,” jelas AKP Joseph Edward Purba.SH,Sik

Dikatakannya juga, ini dalam hal menghidupkan kembali pos kamling-pos kamling yang ada di wilayah Banjarmasin Timur.

“Bersama-sama kami tata pos kamlingnya, dengan kelengkapan yang seharusnya, lalu diberi konsep angkringan, yang memang menjadi budaya Indonesia,” bebernya.xIMG_-niuji4.jpg.pagespeed.ic.rJoZmXa1b5

Kapolsekta Banjarmasin Timur dan Camat Banjarmasin Timur saat bersama warga di Angkringan Pos Kamling di Jalan 9 November RT 14 RW 01 Kelurahan Banua Anyar Kecamatan Banjarmasin Timur. Selama ini, imbuhnya, pos kamling yang ada seperti mati suri. Maka itu pihaknya bersama jajaran kecamatan dan koramil, berinisiatif untuk membangkitkan kembali pos kamling yang ada.

“Dengan aktifnya pos kamling, saya juga berharap, kejadian-kejadian atau tindak kriminalitas bisa berkurang. Masyarakat juga punya peran dalam hal mengantisipasi tindak kriminalitas dan jangan segan untuk segera koordinasi dengan kami jika ada gangguan siskamtibmas,” lontar Kapolsekta.

Malam itu bisa dikatakan malam launching pos kamling di wilayah Banjarmasin Timurtersebut. Dengan konsep unik dan pointer utamanya yakni sebagai media komunikasi masyarakat dan muspika. Menjadi role model juga, agar nantinya bisa diwujudkan keberadaan minimal satu pos kamling di satu kelurahan.

“Ya, kami tentu juga menyambut baik hal ini. Sebagi awal mula membangkitkan siskamling, wadah berinteraksi antar masyarakat dengan unsur kepolisian, pemerintahan dan lainnya. Sehingga memang fungsi pos kamling bisa dirasakan oleh masyarakat,” kata Camat Banjarmasin Timur, Ina Yulianti.

Diketahui, hadir pula dalam kegiatan tersebut Ketua RT 17 Khairani, Ketua RW 01 Syech M Hanafi dan tak ketinggalan Bhabinkamtibmas wilayah setempat, Brigadir Faesal Marcin.

“Luar biasa apa yang dilakukan pihak Polsekta Banjarmasin Timur, Kecamatan dan Koramil ini. Mereka menggagas tertatanya “angkringan” pos kamling dengan konsep memasyarakat seperti ini. Warga jadi lebih mudah jika ingin koordinasi dengan aparat berwajib dan pihak kecamatan,” kata Ketua RW 01 Syech M Hanafi



4 Comments

  1. download minecraft

    It’s a shame you don’t have a donate button! I’d certainly donate to this outstanding blog!
    I guess for now i’ll settle for bookmarking and adding your RSS feed to my Google account.
    I look forward to brand new updates and will share this website with my Facebook group.

    Talk soon!

POST YOUR COMMENTS

twelve + nine =

Address:1. Alamat Perusahaan : Jalan Mawar No 20 RT 001 RW 001 Kelurahan Nusa Indah Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu Telp (0736) 732 370 6) HP. 0822 7924 9494). 2. Alamat Redaksi : Jalan Mangga Raya No 20 Lingkar Timur, Dekat Lampu Merah Taman Remaja

Email:fun.politic@gmail.com