Ads

Jamin Mutu Produk Perikanan, BKIPM Lakukan Bulan Bhakti

BKIPM IINusantaraTerkini.Com, Bengkulu – Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Provinsi Bengkulu melakukan Bulan bakti tahun 2017, di kantor BKIPM Provinsi Bengkulu, Kamis (27/4).

Bulan bhakti BKIPM yang dilaksanakan dari tanggal 20  April  hingga 18 Mei 2017  nanti,  dilakukan serentak di  47 BKIPM seluruh Indonesia, dengan tujuan untuk mensosialisaikan semua fungsi BKIPM dalam menjamin mutu produk perikanan, serta menjalani peraturan terkait dengan kelautan dan perikanan dalam  menjaga kedaulatan sumber daya ikan di Indonesia.

“Kita ingin meningkatkan pelayanan dan manfaat BKIPM bagi masyarakat, serta mensosialisasikan karantina ikan dan menjamin mutu dari produk ikan kita,” sebut Kepala BKIPM Kementerian Kelautan dan Perikanan RI  (KemenKP RI), DR.Rina, saat hadir dan memberikan kata sambutannya.

Rina mengatakan, dalam menjamin mutu produk perikanan, perlu adanya pengawasan secara menyeluruh terhadap mutu ikan yang dikonsumsi masyarakat, sehingga masyarakat dapat merasa aman dan terbebas dari berbagai penyakit yang membahayakan.

Selain itu perlu adanya pengawasan keluar masuknya produk perikanan ke Indonesia yang dapat berpotensi mengandung virus  dan bakteri yang membahayakan, dan jika hal tersebut terjadi, tentu akan merusak mutu dari produk perikanan kita.

“Pengawasan tersebut tidaklah mudah, karena oknum penyelundup, akan melakukan berbagi cara untuk mengeluarkan hasil laut kita  ke luar negeri,” tegasnya.

 Apalagi saat ini, lanjutnya, BKIPM telah diberikan tugas oleh KemenKP  RI sebagai salah satu penjaga kedaulatan kelautan dan perikanan Indonesia.

Untuk itulah perlua adanya sinergitas dan kerjasama antar instansi terkait seperti pihak kepolisian, KSOP, angkatan laut, juga  Bandar udara,  dalam rangka penjagaan dan pengawasan mutu dan kualitas  hasil perikanan maupun kedaulatan kelautan dan perikanan kita.

Sementera itu, pemerintah Provinsi Bengkulu yang diwakili oleh Kepala DKP Provinsi Bengkulu, Ricky Gunarwan mengatakan, masyarakat harus mengetahui akan pentingnya mutu produk dan kedaulatan sumberdaya ikan kita.

Dengan adanya mutu produk perikanan dan kedaulatan perikanan yang baik, maka dapat menunjang program pemerintah Provinsi Bengkulu dalam memajukan bidang kemaritiman.

“Salah satu hal untuk menjamin mutu produk perikanan dengan jalan melakukan kegiatan yang riil sehingga dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, “ sebut  Ricky Gunarwan, saat  membacakan kata sambutannya.

Pemerintah Provinsi Bengkulu, sebut Ricky, berharap  BKPIM dapat membangun  sinergitas dengan instansi terkait, serta mendorong peran aktif masyarakat  guna menjaga mutu produk perikanan kita maupun  kedaulatan kelautan dan perikanan, sehingga, lanjutnya, hal tersebut dapat menjaga keberlangsungan serta kesejahteraan masyarakat di Provinsi Bengkulu.

Disisi lainnya, Kepala BKIPM Provinsi Bengkulu, Jumadi mengatakan, saat ini BKIPM telah melaksanakan sosialisasi tentang mutu produk ikan dan karantina ikan kepada masyarakat, selain itu, pihaknya telah melakukan pengawasan langsung  dan pencegahan kepada masyarakat yang melanggar aturan yang ada.

“Kita telah lakukan  pengawasan dan pencegahan terhadap  masyarakat yang melanggar aturan KemenKP terkait  hasil perikanan. Pengawasan dan uji mutu produk ikan yang dijual ke masyarakat terus kita lakukan,” kata Jumadi.(Saipul)                        



1 Comment

  1. phenq review

    Have you ever considered publishing an ebook or
    guest authoring on other websites? I have a blog
    based on the same topics you discuss and would really like to have you share some
    stories/information. I know my audience would value your work.
    If you are even remotely interested, feel free to shoot me an e-mail.

POST YOUR COMMENTS

six + three =