Ads

Ekspedisi Mini Maferispala UNSRI, Menggali Kearifan Lokal Enggano

Putri Enggano dalam balutan pakaian adat

Putri Enggano dalam balutan pakaian adat saat memperingati HUT RI ke-71

NusantaraTerkini.Com – Mahasiswa Pecinta Alam Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya (Maferispala) menggelar ekspedisi mini untuk menggali potensi budaya dan kearifan lokal dalam melestarika lingkungan di pulau terluar di Provinsi Bengkulu, Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara.

“Kami melakukan ekspedisi mini di Pulau Enggano, salah satu pulau terluar Bengkulu yang memiliki potensi budaya dan kearifan lokal yang dijalankan masyarakat adatnya,” kata Kepala Divisi Lingkungan Hidup Mafesripala UNSRI Havis.

Kenapa Enggano? Havis mengungkapkan, dia mencari referensi dan mendapatkan informasi awal bahwa Pulau Enggano memiliki struktur dan hukum adat yang tidak hanya mengatur kehidupan sosial tapi juga keselarasan dengan alam.

Karena alasan itu juga, Havis dan kawan-kawan memilih Enggano, yang sebelumnya ada dua pilihan alternatif tempat ekspedisi lainnya. Yakni Pulau Mentawai dan Karimun Jawa. Ditambah dengan pertimbangan potensi maritim dan kekayaan budaya lokal dalam pelestarian lingkungan.

Selama melakukan ekspedisi yang direncanakan akan dilakukan selama sepekan. Maferispala akan didampingi sejumlah anggota Mahasiswa Pecinta Alam Bengkulu. [NU9u3]

Sumber: Antarabengkulu.com



70 Comments

  1. whoah this weblog is magnificent i love reading your posts.
    Stay up the good work! You realize, many persons are hunting around
    for this info, you could help them greatly.

POST YOUR COMMENTS

two × three =