Ads

Da’i Harus Memiliki Wajah Rahmat

NusantaraTerkini.Com – Para Da’i harus memiliki karakter yang kuat dan khas untuk memberikan pencerahan bagi umat, sehingga mampu menarik umat untuk memegang teguh agamanya dengan tenang dan nyaman.

“Seorang Da’i, tidak lah di ukur dari penampilan fisiknya saja, yang menunjukan seseorang itu baik, tapi seorang Da’i harus mempunyai karakter yang sangat luar biasa yang tidak dimiliki oleh orang lain,” kata Pimpinan Pusat Ikatan Da’I (IKADI) Samson Rahman, saat menghadiri pembukaan Musyawarah Wilayah Ikatan Da’I Indonesia (Muswil IKADI) Provinsi Bengkulu di Aula Kantor BKKBN Bengkulu, pada Sabtu siang (24/9).

Dalam menyampaikan pesan-pesan agama, jelas Samson, para Da’i tidak boleh menyebarkan kebencian dan kesulitan bagi umat, yang mengakibatkan umat akan menjauhi agamanya.

“seorang Da’i harus memiliki wajah rahmat, dan bukan wajah sombong serta memiliki tutur kata yang baik, yang dapat menarik umat untuk mengikuti dakwahnya,” jelas Samson. “Muslim itu Rahmatan Lil’alamin” tegasnya.

Demikian juga menurut Wakil Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, seorang Da’i hendaknya memiliki karakter unggul, yang memiliki nilai Islami dalam menghadapi berbagai rintangan dalam berdakwah.

“Karakter itu dibangun dengan nilai Islam, yang memiliki integritas, etos kerja dan solidaritas yang tinggi,” kata Wagub Rohidin, saat memberikan kata sambutan sekaligus membuka secara resmi Muswil IKADI ke-2 tersebut.

Diakhir kata sambutannya, Wagub Rohidin juga berpesan agar forum Da’i ini dapat menjadi sumber semua pusat kajian keilmuan yang bisa membangun value para Da’i sehingga dapat menjadi motor penggerak ditengah-tenggah masyarakat.

Musyawarah Wilayah Ikatan Da’i Indonesia yang ke-2 dan Mudzakarah Du’at –pencerahan- yang di hadiri juga oleh perwakilan dari Korem 041 Gamas Bengkulu, Badan Narkotika Nasional Provinsi, Kanwil Kementrian Agama Bengkulu serta orgasisasi Islam dan perwakilan IKADI dari kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu.

Muswil IKADI yang di adakan 5 tahun sekali ini, akan memilih kepengurusan yang baru periode 2016-2021. Saat ini anggota IKAdi se-Provinsi Bengkulu mencapai 500-an Da’i yang berasal dari semua kalangan. Tema yang diangkat dalam Muswil ini adalah ‘Kokohkan Dakwah Menuju Bengkulu Berkarakter Islam Rahmatan Lil‘alamin’. IKADI di Provinsi Bengkulu terbentuk sejak tahun 2005 yang lalu. (Saipul/mc)



1 Comment

POST YOUR COMMENTS

15 − 12 =

Address:1. Alamat Perusahaan : Jalan Mawar No 20 RT 001 RW 001 Kelurahan Nusa Indah Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu Telp (0736) 732 370 6) HP. 0822 7924 9494). 2. Alamat Redaksi : Jalan Mangga Raya No 20 Lingkar Timur, Dekat Lampu Merah Taman Remaja

Email:fun.politic@gmail.com