Ads

BNN Provinsi Bengkulu Sarankan KPU, Tes Narkoba Cakada Tanpa Uji Rambut

NusantaraTerkini.Com – Tidak disertainya tes/uji rambut pada tahapan tes Narkotika dan Obat/Bahan Berbahaya (Narkoba) Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Tengah (Benteng) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Benteng menjadi tanda tanya besar.

[Baca juga: KPU Benteng ‘Kangkangi’ SE KPU Pusat, Tes Narkoba Paslon Tanpa Tes Rambut]

Paslon Kada Benteng saat menghadiri Pleno Terbuka KPU

Paslon Kada Benteng saat menghadiri Pleno Terbuka KPU Benteng

Padahal di dalam Surat Edaran (SE) tentang Penyampaian Revisi Standar Pemeriksaan Kesehatan Bebas Penyalahgunaan Narkotika. Secara terang benderang disebutkan bahwa pemeriksaan kesehatan bebas penyalahgunaan narkotika meliputi pemeriksaan urine, darah dan rambut. Sementara untuk Paslon Benteng hanya di tes urine dan darah.

Menjawab itu, Ketua KPU Benteng Asmara Wijaya menjelaskan, hal ini dilakukan setelah berkoordinasi dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bengkulu.

“Sesuai saran dari BNN, kita cukup pakai tes urine dan darah saja, tes urine tersebut sudah menjadi suatu perwakilan. Kalau misalnya ada indikasi si paslon positif narkoba, baru kita tindaklanjuti dengan menggelar tes rambut,” jelas Asmara, di ruang kerjanya, Kamis 6 Oktober 2016.

Ketika disinggung tidak adanya uji rambut maka semangat pemberantasan narkoba hilang? Asmara berdalih KPU tidak punya pengetahuan mendalam mengenai narkoba. Karena itu KPU berkoordinasi dan menjalin komunikasi dengan BNN. Dia juga membantah jika KPU Benteng berniat mengangkangi SE KPU Pusat tentang Penyampaian Revisi Standar Pemeriksaan Kesehatan Bebas Penyalahgunaan Narkotika.

“Secara pengetahuan KPU tidak tahu tentang itu, yang tahukan BNN. Kami hanya mengikuti, kami hanya menjalankan saran BNN, tentang pengetahuan narkoba itu bukan kapasitas kami, tes urin kita lakukan, ketika positif kita tindaklanjuti tes rambut. Kalau ada yang bilang kami mengangkangi SE, kami tidak berniat mengangkangi itu,” demikian Asmara Wijaya.

Sebelumnya, Bakal Calon Bupati Benteng Arsyad Hamzah mengungkapkan, dirinya pada saat pemeriksaan kesehatan hanya dites urine dan darah. “Kami cuma diambil urine dan darah,” ungkapnya. Yang oleh Arsyad kedua tes tersebut di anggap bukanlah tes narkoba. Karena yang namanya tes narkoba itu adalah BNN yang melakukan tes dan seluruh unsur seperti rambut, urine, kuku, darah dan lidah semuanya diperiksa.

[Baca juga: KPU Dan Calon Bupati Benteng Tak Sepaham Soal Tes Narkoba]

“Sementara saat tes berlangsung tidak ada orang BNN yang ngetes, BNN hadir tapi cuma di luar, kalaupun itu namanya tes narkoba kenapa cuma urine dan darah saja yang diambil,” tandas Arsyad. [NU9u3]



1 Comment

POST YOUR COMMENTS

14 + 1 =

Address:1. Alamat Perusahaan : Jalan Mawar No 20 RT 001 RW 001 Kelurahan Nusa Indah Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu Telp (0736) 732 370 6) HP. 0822 7924 9494). 2. Alamat Redaksi : Jalan Mangga Raya No 20 Lingkar Timur, Dekat Lampu Merah Taman Remaja

Email:fun.politic@gmail.com